RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Status Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas / Semester : I / Ganjil
Mata pelajaran : Pendidikan Agama Islam
JumlahPertemuan :
1 kali pertemuan (3 x 35 menit)
Standar kompetensi :
1. Menghafal surat pendek pilihan dalam
Al-Qur’an
Kompetensi Dasar : 1.2Menghafalkan QS Al-Fatihahdenganlancar
Alokasi Waktu :
3 x 35 menit (1 x pertemuan)
1.
Siswadapatmenghafalkansurat
Al-Fatihahdengan lancer danbenar
2.
Siswadapatmengamalkansurat
Al-Fatihahdenganrutin
MateriPembelajaran:
1.
Materitentangmenghafaldanmengamalkansurat
Al-Fatihah
MetodePembelajaran:
1.
Siswamenghafalkansurat
Al-Fatihahsecaraberkelompokdanindividusertamendemosntrasikanhafalannyadidepankelas
1.
KegiatanPendahuluan
a.
Mengucapkansalam
b.
Mengabsenparasiswa
c.
Guru
memberitahumateripelajaran yang akandisampaikan
a.
Memberisoalberupa
pre-test denganteslisan:
1)
Apaarti
kata Al-fatihahdalam Al-Qur’an?
2)
Berapajumlahsurat
Al-Fatihah?
3)
TermasukgolonganapakahSurat
Al-Fatihah?
4)
DiturunkandikotamanakahSurat
Al-Fatihah?
Jawaban:
1)
Pembukaan
2)
7
ayat
3)
GolonganMakkiyah
4)
Mekkah
d.
Mengenalkansedikittentangsurat
Al-Fatihahmisalnya; Al-Fatihahadalahsalahsatusurat yang
termasukrukundalamsholat
2.
KegiatanInti
a.
Guru
menayangkan video Surat Al-Fatihahdanpengucapannya
b.
Guru
membericontohcaramembacaSurat Al-Fatihah yang benar
c.
Guru
memintasiswauntukmembacanyasecarabersama-sama
d.
Guru
memintasalahsatusiswauntukmembacanyadidepankelas
e.
Guru
membagibeberapakelompoksesuaijumlahsiswa
f.
Guru
menampilkan slide berupaayat yang masihacak
g.
Guru
memberikertaskartonsatukelompoksatu
h.
Guru
menyuruhperkelompokuntukmenyusunayatsehinggamenjadiayat yang sempurna
i.
Guru
memintaperwakilantiapkelompokuntukmendemonstrasikanbacaan yang telahdisusundidepankelas
j.
Guru
memberiarahan yang baikketikasiswa yang membacaterdapatkesalahandanmemintasiswa
lain untukmembantumembenarkannya
3.
KegiatanPenutup
a.
Memberisoalberupa
post-test :
1)
Lanjutanayatiniadalahمَلِكِ
يَوْ مِ ...
2)
Artiayatiniadalah
. . .
الرَّ حْمَنِ الرَّ حْمَنِ
3)
Urutkanayatinimenjadiayat
yang sempurna
الْعَلَمِيْنِ - للهِ رَ بِّ – الْحَمْ دُ
4)
Tulislahsurat
Al-Fatihahayat 4
Jawaban:
1. الدِّ
يْنِ(skor 25)
2.
MahaPengasihlagiMahaPenyayang (skor 20)
3. الْحَمْ
دُ للهِ رَ بِّ الْعَلَمِيْن(skor 25)
4. إيَاكَ
نَعْبُدُ وَ إيَاكَ نَسْتَعِيْنِ(skor 30)
b.
Guru
mengoreksisoal post-testsecarabersama-samadengansiswa,
supayasiswamenjadipahamketikaadajawaban yang salah
c.
Guru
memberisalampenutup
SumberBelajar:
1.
Video
Al-Fatihahdanterjemahannya
2.
Buku-buku
yang relevan
3.
Al-Qur’an/
JuzAmma
4.
Tulisan
Al-Fatihahpadakarton
0 komentar