Robbins
(1998; 248) budaya organisasi : Suatu sistem makna bersama yang dianut oleh
anggota-anggota yang membedakan organisasi tersebut dengan organisasi yang
lain. Lebih lanjut Robbins menyatakan bahwa sebuah sistem pemaknaan bersama
dibentuk oleh warganya yang sekaligus menjadi pembeda dengan organisasi lain.
Hatch
: Secara umum budaya organisasi diartikan sebagai suatu cara pandang mengenai
kehidupan seseorang yang didalamnya mencakup nilai, kepercayaan, aturan,
organisasi politik, kegiatan ekonomi dari generasi ke generasi.
Andrew
Jones &John May : Budaya menggambarkan
kesan dan cara simpati terhadap organisasi itu dengan kepribadian, image,
suasana/iklim, karakter organisasi, perilaku yang menyenangkan, norma dan
dinamika kelompok.
Pendapat saya: Budaya
organisasi adalah budaya yang diyakini oleh semua anggota organisasi untuk
dipelajari, diterapkan, dan dikembangkan. Budaya ini dijadikan acuan dalam
organisasi supaya tujuan yang diinginkan bersama dapat tercapai dengan hasil
yang maksimal.
(https://www.google.co.id/url?q=http://lib.ui.ac.id/file%3Ffile%3Ddigital/135958-T$252028091)
0 komentar